Home » , , » Cara Mengobati Patah Hati Karena Cinta

Cara Mengobati Patah Hati Karena Cinta

Kamu mungkin pernah mendengar istilah seperti ini, “Jatuh Cinta itu gampang, tapi melupakan Orang yang pernah kita cintai pasti sangatlah sulit sekali”. Sebagian dari kamu mungkin sudah merasakannya sendiri bagaimana susahnya menghilangkan rasa cinta kita pada seseorang. Kata orang, “Jika orang-orang yang kamu cintai menolakmu atau pergi meninggalkamu, hatimu akan patah. Namun hal ini tetap tidak bisa mencegahmu untuk mencintai secara mendalam”. Sakit yang muncul dari rasa cinta yang teramat dalam justru membuat hidupmu semakin berwarna. Benar tidak?

Berbicara tentang patah hati, sepertinya semua orang yang pernah mencinta pernah mengalami masa-masa tidak enak ini. Menyembuhkan patah hati bukan perkara mudah terutama jika ini adalah kali pertama kamu. Namun ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meringankan perasaan terluka tersebut.
Patah Hati

Maju terus, janganlah diam disana

Saat kamu merasakan patah hati, janganlah berlama-lama berdiam disana meratapi hal tersebut. Memang sangat sulit rasanya menghadapi kenyataan saat kita merasakan putus cinta. Luka yang telah sebulan rasanya seperti kemarin. Kekasih hati yang  berbulan-bulan tiada kabar terasa seperti baru saja berlalu. Mengobati luka hati yang teramat dalam memerlukan waktu cukup panjang, tergantung dari intensitas rasa sakit yang dirasakan dan kemampuan orang tersebut. Saat kamu tidak dapat mengalihkan perhatian dari rasa sakit tersebut, silakan jalani saja. Jika harus menangis, menangislah. Namun selama periode ini, berpikirlah rasional bahwa cinta tersebut mungkin tidak akan kembali lagi. Dengan begini kamu akan bisa berjalan melewati rasa sakit tersebut.

Melepaskan diri dan menjadi mandiri

Butuh waktu yang cukup lama untuk menyesuaikan diri setelah kamu putus cinta. Jangan terburu-buru untuk mencari cinta yang baru. Kuatkan dulu diri kamu, lepaskan dirimu dari bayang-bayang masa lalunya. Rasakan diri kamu menjadi mandiri lagi seperti dulu. Mungkin kamu sering mendengar bahwa kunci kebahagiaan adalah melepaskan diri dari semua ikatan. Hal ini mungkin benar adanya karena saat kita melepaskan diri dari semua ikatan, kesadaran paling tinggi akan muncul dalam diri kita. Tetapi hal ini tidak lantas membuat kamu berlama-lama menyendiri dan tidak mencari cinta yang baru. Takdir manusia adalah untuk mencinta, jadi carilah cinta yang baru saat kamu sudah siap.

Kuatkanlah dirimu

Meyakinkan diri bahwa kamu adalah pribadi yang kuat adalah cara efektif untuk menyembuhkan patah hati yang mendalam. Yakinkan diri bahwa kamu yakin bisa terlepas dari masa lalu percintaan yang suram. Yakinkan diri bahwa kamu bisa menerima cinta yang baru dan bersedia memaafkan orang yang membuat kamu patah hati. Kekuatan bisa kamu dapatkan dengan pengucapan. Jadi apa saja yang menurut kamu bisa menguatkan, silakan ucapkan. Dengan mengulang-ngulang kalimat tersebut akan secara tidak langsung masuk ke pikiran bawah sadar kamu dan menjadi sugesti yang kuat.

Berfantasi

Rasa patah hati tidak akan gampang hilang, serta sepanjang proses penyembuhan kamu pasti akan selalu teringat dengan figur kekasih lama. Dalam proses ini, janganlah dulu mengatakan, “Saya tidak akan mengingatnya lagi karena dia sudah membuat saya patah hati”, atau “Saya tidak boleh mengingat kenangan bersamanya lagi”. Kata tidak justru akan membuat anda semakin sulit untuk menjauh dari bayang-bayangnya. Sebagai gantinya, fantasikan hal lain yang sama sekali tidak terkait dengan dirinya. Ini akan membantu kamu untuk sembuh dari patah hati yang kamu rasakan.

Menangis dan tertawalah

Kedua hal ini amat kuat untuk melepaskan diri dari rasa sedih. Saat di awal-awal putus cinta, kamu barangkali cuma dapat menangis dan menangis. Namun seiring waktu, setelah kamu bisa secara perlahan bebas dari bayangnya, kamu bisa mulai tertawa, “mengapa aku harus menangisi dia yang sudah menyakitiku?!”. Tertawalah dari berbagai hal di sekitar kamu, cari hiburan bersama teman-temanmu. Kembali ke aktivitas sosial seperti yang dulu kamu lakukan. Masih banyak hal yang bisa membuat kamu tertawa. Kamu dapat membaca komik lucu, cerita lucu, atau sebatas bersenda gurau bersama teman.

Jauhi kenangan bersama-nya

Beberapa tempat atau kegiatan barangkali dapat kembali mengingatkan kamu padanya. Supaya patah hati kamu bisa lekas sembuh, kamu sebaiknya menghindari hal-hal tersebut. Misalnya kamu bertemu pertama kali dengan kekasih di suatu taman. Kemudian dia juga memutuskan kamu di taman tersebut. Datang kesana tidak akan banyak menolong dikarenakan perasaan itu selalu menghantui kamu. Di masa penyembuhan, sebaiknya kamu hindari semua hal yang pernah kamu lakukan dengannya. Jika kondisi kamu sudah membaik serta betul-betul kuat, kamu tidak akan menemui masalah mengingat kenangan-kenangan tentangnya.

Mencari kesibukan

Ini juga langkah yang efektif untuk menyembuhkan patah hati. Orang yang sedang patah hati umumnya suka mencari kesendirian serta merenungi keadaan. Untuk sehari 2 hari tidak apa-apa. Tetapi apabila jika kamu melakukannya hingga berbulan-bulan? Itu cuma dapat membuat kamu tidak produktif. Kembalilah ke kegiatan yang dulu kamu lakukan. Mencari kesibukan akan membantu mengalihkan perhatian darinya sehingga kamu bisa melupakannya dengan lebih cepat.

Berolahraga

Olahraga seperti berlari, berenang, atau tinju dapat melepaskan semua beban yang kamu rasakan. Saat berolahraga, tubuh akan melepaskan serotonin semakin banyak. Serotonin adalah hormon kebahagiaan yang sangat efektif untuk mencegah stress.

Lampiaskan sakit hati kamu

Beberapa orang yang melakukan hal ini untuk menyembuhkan sakit hati. Misalnya mereka mem-print foto pacar kemudian memukul-mukulnya dengan sarung tinju hingga puas. Hal ini dapat kamu lakukan saat rasa kesal serta marah kamu sudah tidak bisa dikendalikan lagi. Melepaskan unek-unek terhadap figur kekasih sangat membantu untuk melepaskan semua kesal kamu. Dengan sering melakukannya, perasaan kecewa dan sakit itu kamu perlahan-lahan berkurang.

Maafkanlah

Emosi mugkin adalah emosi yang sangat kuat. Namun sebenarnya ada satu yang lebih kuat, yakni memaafkan. Saat kamu berhasil memaafkan dengan tulus, seburuk apapun perlakukan orang terhadap kamu, hal tersebut tidak akan berpengaruh terhadap kamu. Tidak gampang untuk memaafkan orang yang sudah menyakiti kita, tetapi kamu tetap harus mencobanya. Memandangkan hal-hal positif tentang dirinya dapat menumbuhkan rasa simpati dalam diri kamu sehingga kamu menjadi lebih mudah memaafkan.
Dan terakhir, walaupun sering patah hati jangan pernah kapok jatuh cinta!
Share this article :
 
Support : Info Life Style
Copyright © 2013. Info Gadget Terbaru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
| Proudly powered by Blogger